Ini Info Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Kasus Produk Ikan Kaleng

Bandung- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengumumkan 27 produk ikan kaleng makarel mengandung cacing parasit. Hal ini tentu merupakan banyak pihak. Akan tetapi, ada beberapa info yang perlu kamu ketahui terkait isu cacing pada produl ikan kaleng ini.

  1. Ternyata produk yang positif mengandung cacing hanya ada di ikan kaleng makerel. Tidak ada cacing dalam produk ikan sarden kalengan.
    Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan BPOM) menjelaskan, bahwa semua produk yang terinfeksi parasit (cacing) adalah produk ikan makarel. Selain itu,  meski ada produk dalam negeri, tetapi bahan baku keseluruhan berasal dari luar negeri. Ikan makerel tidak hidup di lautan Indonesia.
  2.  Ada 16 merek produk impor dan 11 merek produk dalam negeri yang mengandung cacing.
    Beberapa merek di antaranya produk yang kerap ditemukan di pasaran seperti ABC, King Fisher, Gaga, Pronas, dan beberapa merek lainnya. Dalam hal ini BPOM RI telah meminta kepada BBPOM di seluruh Indonesia melakukan penarikan. Selain itu juga pihaknya akan menyetop masuknya 16 merek sarden kaleng impor ke Indonesia.
  3. Cacing Anisakis Simplex. Bagaimana penyebaran dan bahaya cacing parasit ini jika termakan manusia?
    Cacing yang mengontaminasi ikan kaleng tersebut adalah Anisakis Simplex, cacing parasit yang lazim terdapat pada ikan laut seperti salmon, hering, ikan cod, makerel, cumi, kakap merah, dan halibut. Cacing bekerja dengan memasuki usus inang, lalu bereproduksi dan mengeluarkan telurnya ke laut lewat tinja inang. Seperti terlansir di Beritatagar.id.

    Mereka mengandung zat kimia sejenis protein yang tidak ramah manusia. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh (imun) akan menganggapnya sebagai serangan zat asing yang berbahaya.Infeksinya pada manusia bisa menyebabkan penyakit yang disebut Anisakiasis. Penyakit ini menyebabkan radang saluran pencernaan, dengan gejala umum seperti mual dan muntah-muntah.

    Penyakit yang dipicu oleh cacing tersebut dapat dicegah dengan memasak pada suhu yang melebihi 60 derajat celcius atau dengan membekukannya. Food and Drug Administration (FDA) menyarankan agar semua ikan dan kerang yang dimakan mentah dibekukan pada suhu -35 derajat celcius atau lebih rendah selama 15 jam atau dibekukan pada suhu -20 derajat celcius atau lebih rendah selama tujuh hari.

Comments via FB
59 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *