Mulai Musim Depan Aturan Baru Liga Champions Dan Liga Europa Diterapkan, Apa Saja Perubahannya?

Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA), telah mengumumkan beberapa perubahan aturan terbaru kompetisi antar klub Eropa Liga Champions dan Liga Europa, musim 2018-2019. Perubahan ini meliputi jumlah pemain cadangan, status cup-tied pemain serta waktu dimulainya kick off.

Peraturan baru ini akan memudahkan pelatih untuk menentukan komposisi pemain, meski begitu nampaknya para penonton setia Liga Champions wajib beradaptasi dengan peraturan baru ini.

Berikut beberapa aturan yang mengalami perubahan :

Penambahan Jumlah Pemain Cadangan

 

Mourinho dalam sebuah laga di Liga Champions bersama Chelsea. (Image: Kieran McManus/BPI)

 

Jika sebelumnya setiap klub hanya diperbolehkan membawa 18 pemain dalam satu pertandingan, di musim depan setiap klub diperbolehkan membawa hingga 23 pemain, artinya setiap klub memiliki 12 pemain cadangan, dengan bertambahnya kuota pemain cadangan, hal ini membuat pelatih memiliki banyak opsi pergantian dan menghindari pemain cedera karena kelelahan serta membuat peluang pemain muda untuk bermain di kompetisi antar klub Eropa semakin besar.

 

Pergantian Pemain Keempat

 

Mata digantikan oleh Powell pada sebuah pertandingan di Liga Champions (Image: BPI)

 

UEFA akan segera mengadopsi sistem pergantian pemain ini, sebelumnya Inggris telah lebih dulu menerapkannya pada kompetisi Piala FA. Dengan aturan terbaru ini memungkinkan setiap klub untuk melakukan pergantian hingga 4 pemain, namun aturan ini baru akan dipakai pada fase gugurdimana jika pertandingan berjalan selama 2 x 45 menit setiap klub memiliki jatah 3x pergantian pemain dan apabila pertandingan berlangsung hingga babak tambahan setiap klub berhak atas 1x jatah tambahan pergantian pemain.

 

Pendaftaran Pemain Baru Di Paruh Musim

 

Coutinho dibeli Barcelona di jeda transfer musim dingin namun ia tak bisa dimainkan di Liga Champions karena telah bermain di fase grup bersama Liverpool (Image : Albert Gea/Reuters)

 

Di musim depan UEFA memperbolehkan setiap klub untuk mendaftarkan tiga pemain baru tanpa larangan apapun. Artinya, setiap pemain boleh membela dua klub yang berbeda dalam satu musim yang sama, hal ini sekaligus menghilangkan aturan cup-tied. Seperti yang kita tahu sebelumnya pemain yang telah membela sebuah klub di fase gugur lalu ia pindah di musim dingin ke sesama peserta Liga Champions maka pemain tersebut tidak boleh bermain kembali di sisa pertadingan Liga Champions musim tersebut.

 

Penggunaan Badge Spesial

 

Sevilla merayakan kemenangan di final Europa League Basel 2016, kemenangan tersebut membuat Sevilla juara Liga Europa ke 3 kalinya secara beruntun (Image : AFP/Getty Images)

 

Peraturan ini khusus ditujukan untuk para juara Liga Europa. Jika sebuah klub berhasil memenangi Liga Europa selama tiga kali beruntun, mereka berhak menggunakan badge juara berulang kali di lengan jersey. Artinya Sevilla sebagai satu-satunya klub yang pernah menjuarai Liga Europa 3x beruntun, mereka berhak menggunakan badge spesial ini musim depan.

Perubahan Waktu Kick Off

 

Pemain menyanyikan anthem Liga Champions sebelum kick off (image : Getty Images)

 

Sebelumnya, Liga Champions biasa tayang pada pukul 18.45 GMT atau 02.45 WIB (dini hari setelahnya). Mulai musim depan, Liga Champions akan mulai tayang pada pukul 17.55 dan 20.00 GMT atau 01.55 WIB dan 04.00 WIB untuk fase gugur. Sementara itu pertandingan fase grup Liga Champions akan memulai sepak mula pada pukul 17.55 GMT (02.45 dini hari setelahnya). Untuk Liga Europa musim depan, tidak ada perubahan kick off pada pertandingan fase grup dan gugur tetap dimulai pada waktu yang sama, yaitu pukul 17.55 dan 20.00 GMT atau 01.55 WIB dan 04.00 WIB.

 

Comments via FB
162 Views

Beli selasih sama mbak Ica
Beli geliga sama mbak Sonya
Terimakasih sudah membaca
Baca juga artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *