Saudi Terbitkan Larangan ‘Mengintip’ Ponsel Pasangan

Ensiklopedia Bebas – Arab saudi telah mengumumkan penerapan undang-undang yang mengatur warganya agar tidak ‘mengintip’ ponsel pasangan.

Berdasarkan undang-undang yang di sahkan otoritas Arab tersebut, “Individu yang sudah menikah yang ingin memata-matai pasangannya di Arab Saudi harus berpikir dua kali karena aktivitas itu dapat dikenai denda 500 ribu riyal (sekitar 1,8 milyar) dan hukuman penjara satu tahun,” demikian pernyataan Kementerian Informasi Saudi, seperti terlansir dari CNN Indonesia.

Keputusan ini termasuk dalam aturan “siber” di Arab Saudi. Warga bisa menjadikan kunci ponsel yang telah dibuka sebagai bukti untuk dilaporkan. Dan sanksi akan dijatuhkan apabila pelaku terbukti telah mengambil informasi dari ponsel yang diintipnya.

Peraturan ini juga mencakup semua barang elektronik, seperti komputer hingga telepon seluler. Tak hanya itu, setiap aplikasi, situs media sosial dan kamera yang digunakan tanpa izin juga termasuk dalam undang-undang tersebut. Meski begitu, aturan ini tidak berlaku bagi orang tua kepada anaknya.

Arab Saudi memang dikenal dengan berbagai aturan ketatnya. Bahkan dikabarkan jika Arab pernah menentang kehadiran sebuah sosial media.

 

 

 

8 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *