Facebook Berpotensi Menerapkan Sistem Berbayar

Ensiklopedia Bebas – Kemarin, selama kesaksian Mark Zuckerberg saat didesak oleh para senator Amerika Serikat terkait apakah Facebook akan selalu menjadi produk yang gratis dipakai pengguna. CEO Facebook menegaskan bahwa “akan selalu ada versi Facebook yang gratis”.

Dari pernyataan diatas, Mark smengindikasikan kemungkinan Facebook untuk memberikan dua versi ke depannya. Versi gratis dan berbayar. Facebook sendiri selama ini memang memberikan layanan media sosial yang digunakan semua orang dengan gratis.

Di tengah-tengah skandal Analytica Cambridge, di mana data pengguna hingga 87 juta orang dijual oleh pengembang pihak ketiga ke firma riset Trump yang terkait dengan Cambridge Analytica, ada pembicaraan tentang Facebook yang berpotensi menambahkan langganan berbayar.

Dengan kata lain, Skandal itu telah mengungkap masalah yang telah disadari banyak orang: jika Anda tidak membeli produk, Anda adalah produknya.

Untuk memperoleh pendapatan, Facebook menggunakan layanan iklan. Ada pula layanan iklan bertarget yang memanfaatkan data pengguna agar pengiklan mendapat data audiens yang sesuai. Minggu lalu, ketika ditanya apakah mungkin ada cara bagi pengguna untuk memilih tidak ditargetkan untuk iklan, Sandberg menjawab bahwa mereka harus membayar untuk itu.

“Kami memiliki berbagai bentuk penyisihan,” jawab Sandberg, Chief Operating Officer Facebook  . “Kami tidak memiliki pilihan lain. Itu akan menjadi produk berbayar. ”

Josh Constine, seorang jurnalis dan juga spesialis produk sosial, membuat argumen bahwa langganan bebas iklan dapat menyelamatkan Facebook. Dan meskipun belum ada kabar tentang langganan bebas iklan, sepertinya Zuckerberg sudah merencanakan hal ini di masa depan, dengan catatan bahwa akan selalu ada versi Facebook yang gratis.

“Bagaimana Anda mempertahankan model bisnis di mana pengguna tidak membayar untuk layanan Anda?” Senator Orrin Hatch bertanya kepada Zuckerberg.

“Senator, kami menjalankan iklan.” jawab Zuckerberg.

 

19 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *