Libur Isra Miraj 2018 Tanggal 13 Atau 14, Mana Yang Benar?

Beberapa hari kebelakang ada perdebatan menarik tentang kapan jatuhnya tanggal merah hari Isra Miraj akhir pekan ini, apakah jatuh tanggal 13 atau tanggal 14 April?

Perdebatan ini muncul bukan tanpa alasan, pasalnya sebagian warganet melihat tanggal merah di kalender mereka jatuh pada tanggal 13 dan sebagian lainnya jatuh pada tanggal 14.

Sebelum melanjutkan pembahasan coba cek kalendermu dimana tanggal merah berada, tanggal 13 atau 14?

Keresahan warganet pun akhirnya terjawab lewat surat keputusan bersama 3 menteri.

Dilansir dari Detik, Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, libur Isra Miraj jatuh pada 14 April 2018 atau hari Sabtu. SKB ini sudah ditandatangani Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Keputusan tersebut ditegaskan kembali oleh Kemenag dan KemenPAN-RB. Kepala Biro Humas, Data, dan Haji Kemenag Mastuki mengatakan, dalam penanggalan kamariah/hijriah, 27 Rajab jatuh pada Sabtu, bersamaan dengan 14 April.

“Memang ada beda cara penghitungan hari. Jika kamariah, masuknya hari dihitung setelah¬†ghurub asy-syamsi¬†(terbenamnya matahari). Dengan cara itu, ketika tanggal 26 Rajab (setelah magrib tiba), berarti sudah masuk Isra Miraj atau tanggal 27 Rajab. Bedanya dengan penanggalan¬†masihiyyah(masehi), hitungan masuk hari ditandai setelah pukul 00.00. Jadi, ketika Jumat malam setelah magrib memang masih tanggal 13 April sampai pukul 00.00. Esok harinya, Sabtu tanggal 14 April,” papar Mastuki, Dikutip dari Detik, Kamis (12/4/2018).

Penegasan yang sama disampaikan KemenPAN-RB. Penetapan bahwa libur Isra Mikaj jatuh pada 14 April 2018 sudah diatur dalam SKB 3 menteri.

“Dalam Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, telah ditetapkan bahwa Hari Libur Nasional Tahun 2018 ada 16 hari, salah satunya tanggal 14 April 2018, yang jatuh pada hari Sabtu, yakni dalam rangka Isra Miraj Nabi Muhammad SAW,” ungkap Kepala Biro Hukum dan Humas KemenPAN-RB Herman Suryatman, dikutip dari Detik.

Jadi hari libur Isra Miraj jatuh pada hari Sabtu 14 April 2018, buat kamu yang sudah terlanjur packing guna bersiap menikmati libur panjang harus ditunda dulu rencana liburannya atau terpaksa mengajukan cuti jangan sampai bolos hanya karena sudah terlanjur beli tiket.

Image : Tribun

Buat kamu yang memilih untuk menunda rencana liburan, kamu bisa gunakan tabel di atas untuk memperkirakan rencana liburan pengganti.

Comments via FB
193 Views

Beli selasih sama mbak Ica
Beli geliga sama mbak Sonya
Terimakasih sudah membaca
Baca juga artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *