Skandal Facebook Adalah Masalah Kocak

Ensiklopedia Bebas – Beberapa waktu yang lalu telah diadakan persidangan atas tas skandal yang terjadi pada kebocoran data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica (CA), CEO Facebook, Mark Zuckerberg diminta untuk datang menghadap persidangan atas petanggungjawaban kasus tersebut.

Menelik kasus tersebut, Senat sangat meberikan perhatian khusus “bagaimana data pengguna Facebook dapat bocor”. Dari sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan, terselip beberapa pertanyaan “nyeleneh” yang seolah menggambarkan senat tidak paham tentang kasus yang dihadapinnya.

Dari kejadian tersebutr, banyak masyarakat yang menyoroti peristiwa tersebut menganggap bahwa skandal Facebook ini tidak dianggap serius oleh tim persidangan.

Dilansir Kompas.com, senator Brian Schatz menanyakan apakah Facebook bisa mengirim Email ke orang lewat sosial media WhatsApp.

Dengan pertanyaan yang dilontarkan tersebut, Schatz seolah tidak paham atas apa yang dihadapinnya.

Zuckerberg menjawab dengan nada datar, “jika WhatsApp telah terenskripsi dan tidak ada pilihan lain termasuk Facebook yang bisa melihat isi percakapan.”

Kemudian senator Schatz juga menanyakan tentang kemungkinan apakah jika mengirim pesan ke seseorang tentang Film Black Panther di WhatsApp, dia akan mendapat iklan terkait Black Panther juga di Facebook.

Tak hanya itu, pertanyaan kocak juga dilayangkan oleh senator Orrin Hatch kepada Zuckerberg. Hatch bertanya soal bagaimana Facebook menjalankan model bisnisnya jika menawarkan akses secara gratis untuk penggunanya.

Dengan nada datar pula Zuckerberg menjawab, “Senator kami menjalankan iklan.”

Pertanyaan-pertanyaan itu jelas cukup menmggelitik bagi pihak Zuckerberg karena dalam agenda dengar pendapat tersebut lebih intim membahas tentang privasi media sosial dan penyalahgunaan data yang dilakukan CA.

Tim Bajarin dari Creative Strategies Analyst terut berkomentar dengan apa yang telah dipertanyakan oleh para Senat, ia menganggap bahwa pertanyaan yang dilatyangkan membuat ia frustasi karena mereka tidak paham bagaimana cara kerja Facebook.

Lantas, dari apa yang publik tanggapi dari kasus tersebut ialah kasus ini tidak dibawa dengan serius. Apakah skandal yang terjadi dalam tubuh Facebook oleh CA akan mangkrak karena ketidak seriusan para tim penguji?

11 Views

Menulis adalah profesi keabadian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *