Youtuber Asal Spanyol Ini Terancam Dipenjara Lantaran Memberi Oreo Isi Odol Kepada Gelandangan

Youtuber asal Spanyol ini terancam hukuman 2 tahun penjara, setelah berhasil mengelabui seorang tuna wisma untuk memakan oreo yang krimnya telah diganti dengan pasta gigi sebelumnya.

Kanghua Ren (20), pria keturunan China yang berdomisili di Spanyol tersebut membuat sebuah prank vlog (video blog) dalam akun youtubenya yang ia namai ReSet.

Image : YouTube/ReSet

Kanghua merekam secara detail aksi jahilnya, bahkan ketika ia secara sadar dan terencana mengganti krim isi Oreo dengan pasta gigi yang telah ia siapkan, kemudian mengemas ulang kue-kue tersebut lalu memberikannya kepada seorang tuna wisma.

Diketahui tunawisma tersebut bernama George L, ia berasal dari Rumania, Kanghua menemukan George di jalanan Barcelona Januari tahun lalu.

Image : YouTube/ReSet

Pria berusia 52 tahun itu mengatakan bahwa dia merasa sakit usai memakan beberapa kue, dia muntah 5 menit setelah memakannya, ia takut hidupnya akan berakhir, Ia memang telah mengenal Kanghua sebelumnya, tetapi ia tidak tahu bahwa isi kue itu telah diganti.

Dalam video tersebut, Kanghua mengakui bahwa yang dilakukannya sudah kelewatan, namun ia berkilah bahwa yang ia lakukan memiliki sisi positif yaitu membantu para gelandangan untuk membersihkan gigi mereka yang mungkin belum pernah dibersihkan sejak mereka menjadi miskin.

Image : YouTube/ReSet

Menurut dokumen pengadilan, channel YouTube ReSet ternyata telah menghasilkan lebih dari 1,700 Poundsterling atau sekitar 33 Juta Rupiah dari iklan yang tayang di channelnya yang memiliki lebih dari satu juta subscribers. Video itu rupanya dilihat ribuan kali.

Jaksa memberikan tuntutan 2 tahun penjara dan membayar ganti rugi sebesar 26,000 Poundsterling atau sekitar Rp 508 Juta kepada George, Jaksa menuntutnya dengan tuduhan kejahatan terhadap integritas moral.

Untuk alasan yang bisa dimengerti, Kanghua telah menerima banyak reaksi dan komentar di channelnya, mayoritas mengungkapkan kekesalannya. Kanghua kemudian kembali menemui George dalam video lainnya untuk mengetahui apa George menyukai Oreo isi pasta gigi.

Kanghua mengatakan banyak orang yang terpicu dan melebih-lebihkan ketika sebuah lelucon dimainkan terhadap pengemis; Namun, jika lelucon tersebut dimainkan terhadap orang biasa, orang tak bereaksi apa-apa.

Kanghua diduga telah menghabiskan malam di jalanan bersama pria tunawisma dan merekamnya, tetapi seorang saksi menelepon polisi.

Kanghua telah menghapus video tersebut, ia bahkan menawari George uang 300 Poundsterling atau sekitar Rp 5,8 Juta untuk tutup mulut dan tetap diam, Kanghua nampak ingin memulihkan kembali citranya.

George mengatakan bahwa selama ia tinggal di jalanan ia tidak pernah diperlakukan seburuk itu sebelumnya, Bar tempat dimana ia muntah selalu menyediakan makanan dan pakaian untuknya.

Dalam video prank lainnya, ia memasukan kotoran hewan ke dalam roti sandwich dan memberikannya kepada orang tua dan anak sekolah, ia saat inibelum ditahan karena jaminan dan sedang menunggu keputusan dari pengadilan.

Prank yang dilakukan oleh Kanghua sebenarnya relatif umum dilakukan di kalangan anak muda untuk menjahili teman atau keluarganya; Namun, prank yang ia lakukan terhadap gelandangan jelas tak bisa diterima. Menurut laporan ia bahkan telah dilarang berkunjung ke negara asalnya China.

Prank tersebut benar-benar tidak lucu, karena konsumsi pasta gigi bisa berbahaya — karena sering mengandung fluoride. Secara tidak sengaja menelan pasta gigi dalam jumlah sedikit biasanya menyebabkan sakit perut. Mengkonsumsi jumlah yang lebih besar dapat menyebabkan mual dan diare.

Pasta gigi telah ada dengan bentuk yang berbeda (dari sekarang) selama ribuan tahun. Pada tahun 5000 SM, orang Mesir kuno mengembangkan bubuk untuk gigi; itu dibuat dari mur, batu apung, kulit telur, dan bahan lainnya. Orang-orang Yunani dan Romawi lalu memperbaiki resep dari Mesir tersebut dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti cangkang tiram dan tulang yang dihancurkan.

Baru pada abad ke-19 serbuk gigi benar-benar digunakan secara umum. serbuk gigi tersebut digunakan di Inggris dengan sikat gigi, dan sebagian besar bubuk dibuat sendiri. Garam, kapur, dan bata bubuk adalah bahan-bahan yang biasa digunakan. Bahan lainnya adalah arang bubuk.

Sekitar pergantian abad ke-20, saat itu sikat gigi dengan campuran baking soda dan hidrogen peroksida umum digunakan. Fluoride pertama kali ditambahkan ke pasta gigi pada tahun 1890-an.

Comments via FB
190 Views

Beli selasih sama mbak Ica
Beli geliga sama mbak Sonya
Terimakasih sudah membaca
Baca juga artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *