Pertama Kalinya Pemimpin Korea Utara Menginjakkan Kaki Di Korea Selatan

Ensiklopedia Bebas – Pada hari jumat (27/042018) pemimpin Korea Utara untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di wilayah Korea Selatan sejak akhir perang sekitar 65 tahun lalu.

Kim mengambil beberapa langkah bersejarah menjelang pertemuan puncak dengan presiden Korea Utara, Moon Jae-In. Kim dan Moon secara bersamaan melewati Demilitarized Zone (DMZ), yang memisahkan Korea Utara dan Selatan, untuk jabat tangan sebelum pertemuan resmi mereka di gedung Rumah Perdamaian di desa perbatasan Korea Selatan Panmunjom.

Selain janji perdamaian, pertemuan ini juga akan membahas program nuklir Korea Utara yang termasuk juga pada agenda utama. Pertemuan ini juga akan membuka jalan  kemungkinan  untuk bertemunya Presiden Donald Trump dan Kim nanti di musim semi. Korea Utara juga mengumumkan akan membekukan uji coba nuklir dan menutup tempat pengujian nuklir pekan lalu, dan KTT ini kemungkinan akan menentukan apakah Kim benar-benar bersedia  untuk melakukan denuklirisasi.

Awal pertemuan antara Moon dan Kim menawarkan tanda-tanda harapan menuju kemajuan, meskipun tidak cukup untuk memastikan bahwa Pyongyang telah meninggalkan kebiasaannya mengingkari janji.

Comments via FB
255 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *