Sering Kesal Karena Kuota Dikit, Mahal, dan Lemot? Ternyata Ini Alasannya

Di era serba digital seperti sekarang ini kebutuhan akan Internet sudah barang tentu menjadi yang utama, bahkan tak sedikit dari kita rela mengurangi jatah jajan untuk membeli kuota internet.

Tapi pernah gak sih kalian kesal karena kuota internet kalian dikit-dikit habis? beruntung bagi kalian yang memiliki wifi baik di rumah maupun di kantor, tapi tetap saja ketika kalian di jalan kebutuhan akan data Internet tak bisa dielakan.

Mau update status butuh kuota, mau buat instastory butuh kuota, mau streaming musik butuh kuota. jadi ya ujung-ujungnya punya wifi pun tetap butuh kuota.

Banyak dari kamu pasti sering dilanda dilema kala memilih paket data, mau pake provider A sinyalnya bagus tapi kuota dikit mahal lagi, mau provider B kuota melimpah harga murah tapi sinyalnya lemot, mau provider C sinyal bagus harga murah tapi kuotanya dikit, jadi serba salah.

Seperti kata pepatah, tak ada asap kalau tak ada api. persoalan kuota ini pun pasti ada penyebabnya, dan berikut adalah penyebab kuota yang sedikit, mahal, dan lambat.

Infrastruktur Yang Mahal

Image : Sulselsatu

Harga internet yang mahal sedikit kurangnya juga dipengaruhi infrastruktur penunjang yang mahal, untuk memancarkan sinyal internet provider seluler membutuhkan tower bts dan juga kabel bawah laut, yang mana untuk pemasangannya sendiri tidaklah murah.

Belum lagi geografis Indonesia yang sangat luas membuat pemerataan internet menjadi lebih sulit, penduduk Indonesia yang begitu banyak juga membuat kebutuhan akan Internet menjadi semakin meningkat, makin banyak pengguna internet maka bandwith yang dibutuhkan semakin besar dan ujungnya akan berimbas pada biaya infrastruktur yang semakin tinggi.

Mengakses Situs Luar Negeri Ternyata Butuh Biaya Lebih

Image : Pexel

Berapa kali dalam sehari kamu akses Google, Facebook, Instagram, atau Youtube…? pasti kamu tak bisa menghitung saking seringnya. Namun, ternyata untuk mengakses situs-situs yang memakai server luar negeri ternyata butuh biaya lebih besar untuk mengaksesnya, untuk mengaksesnya Indonesia harus berlangganan koneksi internasional yang biayanya juga tak murah.

Inilah yang membuat akses Internet di Indonesia menjadi semakin mahal, belum lagi banyak pegiat digital atau pengusaha digital yang memakai server luar untuk akses web mereka, karena sewa server di Indonesia yang lebih mahal.

Adanya Biaya Frekuensi

Image : Pexel

Ini yang harus kamu ketahui, untuk memberikan akses internet kepada pengguna provider seluler diharuskan membayar Biaya Hak Penggunaan Frekuensi (BHPF) kepada pemerintah, BHPF wajib dibayarkan bukan hanya oleh provider seluler namun juga untuk seluruh usaha yang memakai frekuensi seperti TV dan Radio.

BHPF ini menjadi salah satu pemasukan negara paling besar, karena keharusan membayar BHPF ini pulalah banyak provider yang mematok tarif tinggi,

Itulah alasan-alasan kenapa Internet di Indonesia kuotanya sedikit, mahal dan lambat. Namun, dibalik semua kesusahan semua tetap harus disyukuri dan ambil hikmahnya. Apanya sih yang harus disyukuri?

Bukan yang Paling Mahal

Image : Lachmeister

Seperti kata pepatah diatas langit masih ada langit, semahal-mahalnya paket data di Indonesia masih ada yang lebih mahal lagi, biaya Internet di Gambia, Myanmar, Uzbekistan dan Ethiopia 10x lipat lebih mahal dari Indonesia, jika di Indonesia rata-rata paling 200-300 ribu untuk wifi dan 50-100 ribu untuk kuota data seluler, di Negara tersebut akses Internet rata rata bisa lebih dari 1juta rupiah.

Juga Bukan yang Paling Lambat

Image : Go Anti Fraud

Bersyukurlah kota-kota besar di Indonesia sudah mendukung 4G dan setidaknya rata-rata desa di Indonesia sudah bisa akses 3G jika pun ada yang belum terjangkau internet, balik lagi seperti yang saya katakan diatas geografis yang luas membuat pembangunan infrastruktur penunjang masih sulit.

Coba bandingkan dengan negara Suriah Yaman, atau Libya akses Internet disana tak mencapai 1Mbps, jadi bersyukurlah.

Jika kamu masih kesal dengan kuota sedikit, mahal dan lambat coba berikan idemu untuk mengakses internet lebih murah dan lebih cepat, No Inject Inject Club ya.

Comments via FB
178 Views

Beli selasih sama mbak Ica
Beli geliga sama mbak Sonya
Terimakasih sudah membaca
Baca juga artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *