Daftar Games Yang Terpilih Masuk Asian Games, Tak Ada Nama Dota 2 Di Dalamnya

Kemarin kami telah memberitakan games Arena of Valor yang masuk ke dalam Asian Games, selain AoV ternyata masih ada lima games lainnya yang juga masuk ke dalam Asian Games sebagai cabang olahraga yang akan di eksibikan. Kelima games tersebut adalah League of Legends, Pro Evolution Soccer, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft.

6 games tersebut dipilih langsung oleh Federasi eSports Asia (AeSF) yang bermarkas di Hongkong.

Setiap perwakilan negara yang akan bertanding di Asian Games nanti harus melewati kualifikasi masing-masing negara yang diselenggarakan tanggal 5-31 Mei, setiap negara berhak memilih hari penyelenggaraan di dalam periode tanggal tersebut.

IeSPA sebagai Federasi eSports di Indonesia akian menentukan games apa saja yang akan diikuti Indonesia di Asian Games nanti, meski Indonesia sebagai tuan rumah berhak ikut serta dalam seluruh cabor. Namun, IeSPA belum tentu akan mengirim perwakilan ke seluruh games yang dieksibisikan. Rencananya IeSPA akan menggelar penyisihan nasional pada akhir bulan ini untuk menentukan calon perwakilan Indonesia.

Dilansir dari Ligagame, informasi resmi ini diambil dari Technical Handbook yang telah dirilis oleh pihak Federasi eSports Asia atau AeSF, kepada para komite olimpiade setiap negara di Asia. Dan akan diteruskan kepada asosiasi eSports masing masing negara.

Kamu pasti bertanya-tanya kenapa tak ada nama Dota 2 dalam daftar games yang dipertandingkan di event olahraga terbesar se-Asia ini, tak ada alasan resmi yang dilontarkan AeSF dalam memilih kriteria games yang akan di pertandingkan. Namun, sepertinya alasan tak dipilihnya Dota tak sekompleks alasan tak dipilihnya ML.

Saya telah mengulik ke setiap sudut google dengan mengetikan berbagai keyword dan menemukan bahwa di Asia LoL jelas lebih populer dari Dota 2, meski tim-tim dari Tiongkok mendominasi kompetisi Dota 2. Namun, tidak membuat game besutan valve tersebut populer di Asia, terutama di Korea. Dikutip dari Tech in Asia di Tiongkok sendiri pun LoL lebih banyak dimainkan daripada Dota 2.

Baca Juga : Kenapa League of Legends Lebih Populer Dari Dota 2 Di Asia


Disclaimer : Pada artikel sebelumnya saya menulis FIFA sebagai game yang dipertandingkan di Asian Games. Namun, sepertinya sumber saya kurang akurat, saya telah mengedit artikel sebelumnya untuk menghindari disinformasi.

1053 Views

Beli selasih sama mbak Ica
Beli geliga sama mbak Sonya
Terimakasih sudah membaca
Baca juga artikel lainnya

2 thoughts on “Daftar Games Yang Terpilih Masuk Asian Games, Tak Ada Nama Dota 2 Di Dalamnya

  1. Muhamad Bayu Samudra says:

    Agak sedih gw dota gak masuk :’) padahal secara grafis menurut gw menang Dota 2, terrain yang ada costumnya, ada weather nya, announcer bisa ganti.. skin juga bisa ngubah segalanya, entah style hero atau skill nya.. tapi ntah malah LoL yg rame.. mungkin karna Dota 2 memang rumit mangkanya sedikit peminat di Asia :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *