Mengenal Pesisir Selatan, Mengenal Sosok Ainal

Ensiklopedia Bebas – Sebagian orang pasti pernah merasa bahwa akan sulit rasanya membuat aktivitas kampus dan di luar kampus seimbang, tapi hal ini tak berlaku bagi pemuda kelahiran Padang Panjang, 7 Januari 1997 ini. Ia merupakan salah seorang mahasiswa berprestasi dan punya segudang penghargaan di bidang seni maupun  musik. Sosok pemuda bernama Ainal Syabri yang gemar melukis ini ini menghabiskan waktunya untuk berbagai macam kegiatan, dari musik hingga organisasi, yang tentunya menyita banyak waktu dan tenaga.

Kisah Ainal bermula saat ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar.  Ia bersama orang tuanya pindah ke Kabupaten Pesisir Selatan, di sini Ainal menemukan banyak pengalaman baru dan pengetahuan seputar budaya, seni dan musik. Ia menuturkan, saat ia tinggal di Pesisir Selatan ia semakin dekat dengan tradisi budaya Minangkabau, hal ini tentu saja terjadi, dikarenakan saat itu ia tinggal di lingkungan yang kental akan budaya dan nilai-nilai tradisinya.

Sepak terjangnya dalam dunia seni dan bermusik dimulai ketika ia duduk di bangku kelas VII dan pada saat itu masih di semester genap di Sekolah Menengah Pertama. Dan pada saat itu pula ia diberi tugas kesenian bersama kelompoknya untuk membuat ansambel musik. Hasilnya? Mengejutkan, ia dan teman-temannya meraih nilai terbaik di kelas. Melihat bakatnya dalam bidang musik, Bu Danti selaku guru keseniannya saat itu, menyarankan Ainal untuk bergabung bersama sanggar Nan Gombang yang merupakan salah satu sanggar ternama di Sumatera Barat.

Bagi Ainal, hal ini tentunya menjadi kesempatan yang baik untuk belajar dan memperdalam ilmunya. “Saat di sanggar ia mempunyai banyak teman yang lebih tua dari aku. Dan kebanyakan dari teman-teman tersebut merupakan mahasiswa seni, aku tak lantas membuang kesempatan emas ini,” tuturnya. Pemuda yang memiliki semangat belajar yang kuat dan memiliki rasa haus akan ilmu yag sangat tinggi ini memanfaatkan kesempatan yang ia terima, dengan memaksimalkan segala yang ingin ia ketahui dan pelajari dari teman-teman dan sanggarnya.

Hal ini tentunya tidak sia-sia, sering kali Ainal bersama tim sanggarnya memenangkan juara dan penghargaan atas prestasi yang mereka raih. Ia selalu memiliki motivasi dan sangat menyukai tantangan, selain itu rasa bahagia karena memenangkan suatu perlombaan membuat Ainal semakin tertantang untuk menaikkan batas kemampuannya, dengan kemampuan dan skill nya menjadi lebih baik dari hari ke hari. Dengan karakter seperti ini, tidak heran jika ia memiliki ratusan piagam penghargaan atas pencapaiannya selama ini.

Bagi Ainal sendiri, keputusan orang tuanya untuk pindah ke Pesisir Selatan merupakan keputusan yang mengubah hidupnya. Ia bersyukur, tinggal di lingkungan yang sarat nilai-nilai budaya membuatnya sadar betapa pentingnya suatu budaya bagi masyarakat,baginya budaya merupakan suatu identitas yang harus dipertahankan dan dijaga.

209 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *