Bumi Sudah Semakin Padat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kepadatan penduduk menjadi masalah yang sangat serius saat ini di Indonesia. Terbukti, data seperti yang dikutip dari IDNTimes bahwa  menyebutkan bahwa sampai saat ini pertumbuhan penduduk dunia berada di angka 83 juta orang per tahun. Jika dianalogikan maka itu sama saja dengan jumlah penduduk Jerman saat ini. Lantas, apakah data ini cukup akurat untuk diprediksi? Hal-hal seperti ini bukan tidak mungkin terjadi. Prediksi-prediksi seperti ini persis sama dengan yang diprediksi oleh PBB pada tahun 1948 lalu yang menyebutkan bahwa di tahun 2000 akan ada enam miliar penduduk di bumi ini dan ini benar adanya.

Hal inilah yang membuat Silva merasa prihatin akan fenomena tersebut. Perempuan kelahiran Medan, 24 Desember 1996 ini aktif dalam kegiatan sosial, bernama lengkap Silvadiah Suci Utami, ia merupakan Runner Up I Duta Genre 2017 yang sedang menempuh pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Sumatera Utara.

Berlatar belakang sebagai seorang Duta Genre Sumut 2017, Silva pun aktif bersosialisasi mengajak para generasi muda agar memiliki rencana, visi dan misi dalam menjalankan kehidupan, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk negeri ini dan tentu saja apa yang direncanakan bukan hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang.

Sebagai Duta Genre yang didukung oleh BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) Silva mempunyai sebuah program yang bertujuan untuk memberikan edukasi yang komprehensif tentang kesehatan reproduksi kepada generasi muda guna mendewasakan usia kawin pertama dan menurunkan angka kelahiran remaja.

“Kenapa harus yang muda, karena menurut saya sebagai anak muda kita harus mengerti dan bisa merencanakan kehidupan kita kedepannya, agar kita tidak salah langkah. Tidak ada salahnya sebagai generasi muda kita merencanakan semuanya sejak dini. Sudah saatnya untuk yang muda yang berencana” ujarnya.

Dengan disosialisasikannya program ini, Silva berharap agar para generasi muda dapat aktif dalam menyampaikan pesan-pesan yang berhubungan dengan Generasi Berencana lewat aspirasinya masing-masing.

Kepedulian terhadap bumi dan seisinya adalah salah satu wujud kasih sayang kita terhadap bumi. Ledakan penduduk dari tahun ke tahun seakan menjadi bukan hal yang baru lagi. Dan apabila ini masih terus-menerus terjadi, PBB memperkirakan, ada 7,6 miliar penduduk Bumi saat ini. Angkanya naik terus hingga 9,8 miliar di tahun 2050. Akhir abad ini, proyeksi mereka jumlah penduduk akan mencapai 11,2 miliar. Apabila penduduk sudah terlalu padat, pemenuhan kebutuhan tersebut jadi masalah. Tanpa ada penataan ruang, persoalan ruang hidup ini akan terus menumpuk dan semakin sulit dihadapi seabad ke depan.

Comments via FB
100 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *