Menilik Prestasi Seorang Muhammad Rizal

Rizal adalah seorang pria kelahiran Medan, 26 Oktober 1995. Sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Rizal bukanlah mahasiswa biasa, ia menjadi mahasiwa yang memiliki begitu banyak prestasi, baik prestasi akademik maupun non-akademik. Pria bernama lengkap Muhammad Rizal adalah seseorang yang terbilang mandiri bahkan hingga saat ini. Karena sejak kecil ia sudah terbiasa melakukan pekerjaan rumah. Ia mulai terbiasa mandiri semenjak ditinggal oleh ibunya. Tentu hal ini tidak meredupkan semangat Rizal untuk terus mmengukir prestasi dan membanggakan orangtuanya. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Rizal adalah seseorang yang giat dan rajin oleh karena itu tidak heran jika ia bisa memperoleh prestasi-prestasi luar biasa bahkan prestasi secara Internasional yang ia dapatkan hingga saat ini.

Saat ini Rizal sedang menempuh pendidikan S1 nya di jurusan Ilmu Kesehatan masyarakat. Selain kuliah, Rizal aktif di berbagai organisasi kampus, aktif mengikuti berbagai ajang perlombaan dan beasiswa, dan bahkan saat ini ia menjadi mentor untuk juniornya agar bisa mendapatkan prestasi maupun beasiswa seperti dirinya. Rizal merupakan Mahasiswa Berprestasi USU 2015-2016, ia juga pernah menjadi Gubernur Mahasiswa FKM USU, menjadi Duta Bahasa, Duta Koperasi, Duta GenRe, selain itu, ia juga merupakan awardee YSEALI Academic Fellowship Northen Illionis University USA, Awardee ISSEEP Singapore, Awardee 5 Beasiswa Pendidikan.

Selain berprestasi, Rizal juga memiliki kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi. Hal ini membuat Rizal tergerak untuk mendirikan sebuah komunitas pelayanan kesehatan masyarakat yang bernama Sultan Husada. Rizal melalui Sultan Husada ini telah banyak membantu masyarakat, baik itu masyarakat yang tidak mampu maupun masyarakat yang sulit dalam mengakses fasilitas kesehatan di daerah-daerah tertentu.

Bagi Rizal, kuliah bukan berarti hanya menikuti pertemuan rutin di kelas saja, namun mengukir banyak prestasi dan bisa memberikan manfaat kepada banyak orang adalah hal yang penting. Banyaknya prestasi yang diukir tidak lain adalah untuk membanggakan orangtuanya, karena saat ini ia belum mampu membanggakan orangtua dengan materi/finansial yang besar, namun ia mampu membanggakan orangtua dengan segudang prestasi luar biasa bahkan sampai taraf Internasional. Selain itu, menjadi orang yang penuh prestasi bukanlah sesuatu hal untuk disombongkan, namun jauh daripada itu, prestasi yang dimiliki oleh Rizal tidak ia nikmati untuk kebanggaan dirinya sendiri, namun untuk orangtua, orang terdekat dan bahkan dapat memberi impact bagi masyarakat.
Rizal yang saat ini sedang dalam tahap menyelesaikan studinya, memilih untuk lebih sibuk dalam membimbing adik-adik juniornya untuk bisa sukses mengukir prestasi maupun beasiswa. Karena baginya, makna sukses adalah kita bisa dikatakan sukses jika telah berhasil membagikan ilmu yang kita miliki kepada orang lain dan membuatnya menjadi orang yang sukses juga. Karena ilmu dan prestasi itu akan lebih bermakna lagi jika kita mampu membaginya dengan orang lain.

Oleh karena itu, saat ia mampu berkontribusi lebih lewat prestasi yang dimiliknya, hal ini tentu menjadi nilai lebih yang ada pada diri Rizal yang membuat ia menjadi sosok idola yang menginspirasi terutama untuk anak-anak muda saat ini. Karena keberhasilan dan kesuksesan yang ia dapatkan, tidaklah semata-mata dinikmati oleh dirinya sendiri. Ia bahkan selalu merasa bersyukur dan berterima kasih kepada orang-orang yang telah membantunya sehingga ia bisa menjadi sosok hebat seperti saat ini. Rizal juga tidak akan berhenti hanya sampai di titik ini, namun ia akan terus mengukir prestasi dan menginspirasi banyak orang.

Comments via FB
35 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *