Bantu Bayar Utang Negara, Anak-anak di Malaysia Buka Usaha Cuci Mobil

Segerombolan anak-anak dan remaja di Malaysia mulai membuka usaha cuci mobil di lingkungan perumahan, di Kuala Lumpur untuk membantu melunasi hutang negara. Mereka ingin mendonasikan sejumlah uang yang terkumpul untuk membayar utang negara. Seperti diketahui, pemerintah Malaysia telah resmi membuka rekening donasi bertajuk Hope Fund atau Tabungan Harapan Malaysia pada Rabu lalu.

Tejas Shree Udahyah (11) bersama dengan 20 temannya berusia enam hingga 17 tahun mulai mengoperasikan layanan cuci mobil di lingkungan perumahan di Taman Yarl, Kuala Lumpur, Sabtu (2/6/2018). “Saya sangat senang dan selalu bangun pagi pukul 07.00 untuk memulai usaha cuci mobil bersama teman-teman saya,” katanya, seperti dilansir dari kompas.com., Donasi Tabungan Harapan Malaysia sudah Terkumpul sebanyak Rp 24 Miliar.

Gagasan membuka layanan cuci mobil di lingkungan perumahaan ini tercipta dari seorang warga bernama Padma Nadarajah (60). Namun, dia sama sekali tidak akan menyangka idenya menuai respons positif dari banyak masyarakat lainnya. Dia mengatakan, seluruh uang yang terkumpul akan didonasikan kepada Hope Fund. “Ketika pemerintah sudah membuka donasi, saya dipaksa untuk berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk membantu negara,” ucapnya.. “Saya ingin berbagi pemikiran ini dengan para tetangga dan mereka sangat mendukung gagasan ini. Beberapa warga juga menyumbangkan peralatan cuci,” kata Padma.

Anggota parlemen Malaysia lainnya, Teresa Kok, juga nampak berada di lokasi tersebut. Dia mengaku hatinya tergerak oleh semangat dan upaya dari masyarakat yang ingin membantu negara. “Usaha ini dilakukan secara sukarela dan membuktikan semangat cinta negara di antara masyarakat sungguh semakin mendalam,” ujarnya. Teresa juga banyak mengunggah foto-foto kegiatan cuci mobil yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja. Terlihat mereka mencuci mobil di jalan lingkungan perumahan secara bergotong royong dan penuh semangat. Sejak diluncurkan pada Rabu (30/5/2018), dana yang terkumpul sudah mencapai 18,6 juta ringgit atau Rp 64,9 miliar. Sementara, utang Malaysia menyentuh 1 triliun ringgit atau sekitar Rp 3.500 triliun. Pemerintah Malaysia telah membuka donasi Hope Fund, setelah muncul banyak keinginan warga untuk membantu mengurangi utang negara.

Comments via FB
261 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *