Penampilan Menarik Dianggap Sebagai Hak Asasi, Negara Brasil Subsidi Operasi Plastik

Kecantikan adalah hal yang diidamkan oleh seluruh wanita di seluruh dunia. Karna itu banyak orang yang rela melakukan apapun untuk membuat penampilannya untuk menjadi lebih baik, baik wanita maupun pria. Bahkan sampai rela untuk melakukan operasi plastik untuk mendapatkan penampilan yang lebih rupawan, walaupun rela mengorbankan uang yang sangat banyak dan mendapatkan rasa yang amat sakit. Seperti operasi memancungkan hidung, menebalkan bibir, dan melebarkan mata.

Di beberapa negara, usaha untuk mendapatkan kecantikan tersebut membutuhkan pengorbanan – termasuk biaya yang tidak sedikit. Namun, hal itu tidak berlaku di negara Brasil.

Karena semua penduduknya dianggap memiliki hak asasi untuk menjadi cantik, pemerintah Brasil telah memberikan subsidi bagi setengah juta penduduk yang ingin melakukan operasi plastik setiap tahunnya.

Bahkan di beberapa rumah sakit Brasil, sudah disediakan operasi plastik dengan biaya rendah atau bahkan gratis.

Gagasan mengenai kecantikan sebagai hak asasi manusia, bisa ditelusuri kembali ke 1950-an. Saat itu, ahli bedah bernama Ivo Pitanguy, meyakinkan presiden Juscelino Kubitschek bahwa kecantikan sama pentingnya dengan kebutuhan kesehatan lainnya. Ia mengatakan bahwa wajah buruk rupa bisa menyebabkan penderitaan psikologis dan harus dianggap sebagai salah satu masalah kemanusiaan.

Pada awalnya, yang berhak menerima subsidi adalah penduduk dengan cacat lahir atau korban luka bakar. Namun, sekarang ini hampir semua warga Brasil dianggap layak menerima prosedur operasi plastik dengan alasan estetika.

Tentu saja, warga Brasil sulit mengatakan tidak pada operasi plastik. Di Amerika Selatan, kecantikan itu sendiri merupakan faktor penting dalam mendapatkan pekerjaan, pandangan orang maupun untuk mendapatkan pasangan hidup.

Saking populernya, konsumen operasi plastik di Brazil menjadi kedua terbesar di dunia. Ada sekitar 1,2 juta operasi yang di lakukan oleh penduduk brasil setiap tahun.

Namun, resiko operasi plastic tetap menjadi masalah. Menurut laporan Vice, di balik ‘hak asasi untuk menjadi cantik’ dan biaya operasi yang murah, terdapat berbagai masalah.

Beberapa prosedur operasi plasticl sering memakan waktu yang sangat lama. baik berbulan-bulan sampai bertahun tahun.

 

Comments via FB
128 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *