Meja yang Berantakan Bisa Jadi Pertanda Kamu Kreatif

Menurut penelitian, meja kerja yang berantakan dan jarang sekali dirapikan bukanlah ciri dari sebuah kemalasan. Sebuah penelitian dari University of Minnesota, Amerika Serikat, pada 2013 lalu justru membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki meja kerja berantakan dan seakan tak terurus justru pertanda dari orang yang cerdas dan kreatif.

Pernah sebuah ungkapan yang terucap dari mulut seorang Albert Einstein yang berbunyi, “Jika meja berantakan adalah tanda pikiran berantakan, maka demikian halnya dengan meja kosong.”

Penelitian tersebut melibatkan mahasiswa dengan cara mengumpulkan mereka secara acak untuk menghabiskan waktu di ruangan kerja secara berdekatan. Lalu ada meja yang sudah tertata rapi dan juga ada juga meja lain yang sudah berantakan dengan kertas dan buku-buku yang sudah menumpuk. Mahasiswa-mahasiswa tadi diminta untuk mencari fungsi lain dari sebuah bola ping-pong.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang berada di ruangan berantakan memiliki gagasan yang lebih kreatif daripada mereka yang berada di meja kerja yang tertata rapi. Orang-orang yang memiliki meja rapi biasanya termasuk orang yang lebih suka berada di zona nyaman dan juga tidak berani untuk mengambil risiko.

Studi juga dilakukan oleh peneliti di Universitas Groningen, Jerman. Mereka membuat kesimpulan bahwa meja yang berantakan tidak merugikan seperti kelihatannya. Dari pendekatan pemecahan masalah, meja berantakan justru akan cenderung meningkatkan efisiensi kerja atau meningkatkan kreativitas karyawan dalam memecahkan masalah,” kata penulis penelitian dalam artikel jurnal mereka.

Comments via FB
139 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *