Resmi Diumumkan, Tak Sampai 20% Peserta SBMPTN yang Lulus Tahun Ini

Ketegangan dari para peserta Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akhirnya berakhir sudah. Panitia telah merilis nama-nama dari para peserta yang berhasil lolos seleksi masuk. Tentu saja, ada yang bahagia karena berhasil masuk dan berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya dan ada juga yang kecewa lantaran gagal menembus seleksi ini.

Seperti yang dilansir dari situs okezone.com, ada 165.831 jumlah calon mahasiswa yang berhasil diterima dalam program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Maka dari hasil ini, dapat dipastikan bahwa hanya sebanyak 19,8% siswa yang lulus dari total seluruh peserta SBMPTN 2018.

MEME SBMPTN 2018

Posted by Raihan Setiadi on Tuesday, 3 July 2018

Sebelumnya, para peserta SBMPTN yang berjumlah 860.001 peserta pendaftar yang telah mengikuti ujian tertulis baik Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC), maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan secara nasional pada 8 Mei 2018 dan ujian keterampilan pada 9 dan/atau 11 Mei 2018.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga mencatata daftar 10 provinsi peraih nilai SBMPTN dengan nilai rata-rata terbaik tahun ini. Provinsi DI Yogyakarta berhasil menduduki peringkat pertama dengan jumlah nilai rata-rata yang sangat tinggi dalam program studi Saintek dengan nilai rata-rata 612,27, dan Soshum rata-rata 596,11. “Ini nilai yang tertinggi Provinsi Yogyakarta baik di Saintek maupun Soshum-nya yang paling tertinggi,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi pers di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Tak lupa Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, mengucapkan selamat kepada para peserta yang berhasil lolos dan berhak mengikuti proses selanjutnya agar secara resmi menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan. “Saya ucapkan selamat bagi anak Indonesia yang mendapatkan kesempatan yang baik kali ini. Bagi yang belum lulus, masih ada kesempatan lain melalui jalur Seleksi Mandiri. Selain itu, kita punya 4.579 perguruan tinggi di Indonesia yang tercatat di laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

“Tolong dicek apa perguruan tinggi itu aktif atau tidak. Semoga yang aktif jadi pilihan anak Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers SBMPTN 2018 di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta (3/7/2018).

Untuk tahun ini, nyaris tak ada perbedaan terkait dengan program studi favorit. Seperti yang diungkapkan oleh Reva Karsidi selaku Ketua Panitia Pusat SNPMB PTN 2018, hampir tak ada perbedaan terkait dengan tahun-tahun sebelumnya. “Untuk Saintek yang paling banyak diminati Ilmu Kedokteran, Farmasi, Teknik Informatika. Sedangkan untuk Soshum yang paling banyak diminati yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi. Sementara untuk prodi baru yaitu Aktuaria dan Ilmu Komputer yang sesuai dengan tuntutan perkembangan terakhir atau era revolusi industri 4.0,” terang Ravik

Comments via FB
588 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *