Tencent Menang di Pengadilan, Moonton Meradang

Drama yang cukup panjang di antara Riot Games terhadap Shanghai Moonton, developer dari Mobile Legends tampaknya saat ini mulai menemui titik terang. Beberapa waktu lalu pihak Riot Games sempat mengajukan tuntutan dikarenakan hak cipta. Riot Games sangat yakin bahwa pihak Moonton menjiplak beberapa aset yang ada di dalam game online League of Legends.

Pihak Riot Games telah mengajukan beberapa kali tuntutan, namun hasilnya nihil. Salah satu di antaranya ditolak lantaran pengadilan setempat berdalih bahwa tuntutan ini ditolak lantaran Moonton bukanlah perusahaan yang berdomisili di Amerika Serikat.

Belajar dari kasus sebelum-sebelumnya, Pihak Riot Games pun berusaha untuk menggugat Tencent di ranah asalnya lewat Tencent, perusahaan induk Riot Games. Tencent menggugat Moonton langsung lewat pengadilan di Tiongkok. Hasilnya pun berbuah manis. Pihak Tencent berhasil memenangkan gugatan tersebut.

Dilansir dari Hasagi.gg, pihak Moonton nantinya hanya akan membayar denda berupa 2.6 juta RMB, atau setara dengan $ 388.000 USD. Namun, pihak pengadilan memberikan klarifikasi dan perhitungan yang diberikan pun langsung melonjak drastis dari 2.6 juta RMB menjadi 19,4 juta RMB, atau jika dikonversi menjadi $ 2.9 juta USD.

Kemenangan dari Tencent dan Riot Games menjadi angin segar bagi pengembang-pengembang dari game online lain. Valve yang mendapati kecurangan yang dilakukan dari pihak Moonton mengenai kasus yang sama. Belum lagi, King of Glory (Arena of Valor) juga nantinya akan melakukan tuntutan mengenai pelanggaran yang pernah dilakukan oleh Moonton.

 

Comments via FB
633 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *