Phubbing : Sikap Tidak Peduli dengan Sekitar

Pernah kamu merasakan  ketika diajak ngumpul bareng teman-teman dan terus mereka pada sibuk masing-masing dengan smartphone mereka ? bagaimana perasaan kamu ? tentu saja kesal kan ? nah, tidak salah jika kamu merasa kesal karena kamu baru saja menjadi salah satu sikap yang dapat merusak hubungan, yaitu sikap phubbing.

phubbing adalah sebuah istilah tindakan acuh tak acuh seseorang di dalam sebuah lingkungan karena lebih fokus pada smartphone dari pada memulai sebuah percakapan.

Istilah phubbing pertama kali dicetuskan pada bulan Mei tahun 2012 oleh agensi periklanan Australia McCann. Agensi tersebut menggambarkan fenomena yang berkembang dari orang-orang yang mengabaikan teman-teman dan keluarga mereka yang berada tepat di depan mereka dan alih-alih menggulir melalui telepon mereka. Setelah pencetusan itu berlangsung, kampanye stop phubbing pun mulai diluncurkan.

Salah satu studi menemukan bahwa lebih dari 17 persen orang mem-phub orang lain setidaknya empat kali sehari. Hampir 32 persen orang melaporkan bahwa mereka melakukan phubbed dua hingga tiga kali sehari. 

Mereka yang sering melakukan sikap phubbing tidak akan mendapatkan efek yang besar, hanya saja mereka yang kerap melakukan tindakan ini akan dijauhi dan mungkin juga tidak akan diajak berkumpul bersama lagi.

Dalam studi terbaru untuk masalah ini, mereka yang sering melakukan sikap phubbing terhadap lawan bicaranya dapat mengacam ” empat hal ” yang dapat membuat lawan bicara merasakan perasaan yang tidak enak. Empat hal tersebut yaitu belongingness (rasa memiliki), self-esteem (harga diri), meaningful existence (eksitensi yang bermakna), control (pengarahan).

Ketika seseorang meng-phub kamu, maka secara tidak langsung mereka merusak ” empat hal ” tersebut. Maka kamu serasa akan merasakan perasaan kehadiran kamu tidak berarti, dikucilkan, dan dianggap tidak penting. Jika terus-terusan seperti itu maka akan berdampak signifikan terhadap mental kamu.

Namun, sikap phubbing dilakukan juga dilakukan dengan cara disengaja, mereka melakukan ini ketika bahan pembicaraan yang mereka bicarakan sudah menjadi basi (bosan). Untuk beberapa kasus, phubbing yang dilakukan dengan cara sengaja merupakan sebuah trik untuk menjauhkan lawan bicara yang ketika sedang berbicara malah membuat kesal.

 

Comments via FB
109 Views

Manusia yang senang bermain di belakang layar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *